Langsung ke konten utama

Administrasi Alat Tes Psikologi (Seleksi Karyawan)

Hal-hal yang diperhatikan dan menjadi penilaian/pertimbangan bagi HR Recruitment ketika merekrut dan melakukan penyeleksian terhadap para calon karyawan, antara lain: Tallent, Attitude, Skill, Knowledge

Kriteria:

Berpendidikan minimal S1

Warga Negara Indonesia
 
Lulus dengan IPK minimal 3.00
 
 Bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia yang mencakup wilayah kerja PT   SUCOFINDO

Tidak memiliki hubungan kekeluargaan apapun dengan pegawai perusahaan

Penempatan kerja di Jakarta
 
Belum menikah

Pada saat mengajukan surat lamaran kepada perusahaan usaha maksimal 25 tahun

Tidak pernah mengalami pemberhentian kerja secara tidak hormat
Hanya yang memenuhi syarat dan kriteria yang akan dihubungi untuk mengikuti tahap seleksi di Jakarta


 Apa sajakah yang termasuk job desk dari seorang Human Resource Recruitment??? Kurang lebih terdapat empat tugas pokok seorang Human Resource Recruitment, yaitu:
1.  Merekap data pelamar, Human Resource Recruitment di sini berperan untuk meng-input data-data terkait calon karyawan yang sedang mengikuti proses seleksi.
2.  Melakukan persiapan terhadap alat tes yang akan digunakan untuk menyeleksi calon karyawan di sebuah perusahaan.
3.   Melakukan skoring terhadap alat tes, dilakukan setelah proses tes tertulis untuk para karyawan telah selesai dilaksanakan.
4.  Melakukan input terhadap data-data yang berkaitan dengan BPJS, memasukkan data-data terkait dengan data pribadi para calon karyawan.

4 hal yang menjadi penilaian Human Resource Recruitment untuk para calon karyawan adalah sebagai berikut: 

TALLENT, terkait dengan Aptitude/IQ serta interest atau minat seseorang terhadap suatu pekerjaan misalnya. Ketika seseorang memiliki minat yang tinggi dalam hal komunikasi, maka ia bisa diterima sebagai seorang salesman, yang mana bekerja dengan cara melakukan komunikasi dengan para customer.

Klasifikasi umum tingkatan IQ seseorang:
70 – 79, tingkat IQ yang rendah atau mengalami keterbelakangan mental.
80 – 90, tingkat IQ yang rendah & masih berada di dalam kategori normal (dull normal), agak lambat dalam mengikuti proses belajar.
91 – 110, tingkat IQ yang normal atau berada dalam rata-rata.
111 – 120, tingkat IQ yang tinggi dan terdapat dalam kategori normal (Bright Normal), memiliki penalaran yang tinggi dan sangat baik.
120 – 130, tingkat IQ superior.
131, tingkat IQ sangat superior atau jenius.

Beberapa macam tes intelegensi, antara lain:

MAB-II  : dilakukan secara kelompok dan diperuntukkan bagi anak-anak.

WAIS     : dilakukan secara individu.

CogAT   : dilakukan secara kelompok, diperuntukkan bagi anak-anak, dan digunakan untuk kepentingan pendidikan (sekolah).

CFIT      : dilakukan secara kelompok dan digunakan di dunia kerja.

DAT      : dilakukan secara kelompok, diperuntukkan bagi anak-anak, dan digunakan untuk kepentingan pendidikan (sekolah) maupun di dunia kerja.

IST         : dilakukan secara kelompok ataupun individual dan digunakan di dunia kerja.

SPM       : dilakukan secara kelompok maupun individual.


     ATTITUDE, terkait dengan hal-hal yang berkenaan dengan kepribadian individu, seperti: kecepatan, ketelitian/detail, kondisi emosi individu yang stabil, serta ketekunan yang dimiliki individu.

SKILL
KNOWLEDGE
Administrasi Tes CFIT

CFIT terdiri atas 4 subtes dan setiap subtes harus dikerjakan dalam batas waktu tertentu
a)      Subtes 1 – series (3 menit)
b)      Subtes 2 – Classification (4 menit)
c)       Subtes 3 – Matrices (3 menit)
d)      Subtes 4 – Condition / typology (2,5 menit)
Peralatan :
Buku soal CFIT
Lembar jawaban
Stopwatch
Alat tulis (pensil)

Instruksi :

Subtes 1 – series (3 menit)
Di sebelah atas, anda akan menemukan sederet kotak yang berisi urutan gambar. Namun, kotak terakhir belum ada isinya. Tugas anda adalah mengisi kotak tersebut dengan gambar yang sesuai, yang bias dipilih dari enam pilihan jawaban yang tersedia, yaitu A, B, C, D, E dan F. Perlu diingat bahwa gambar-gambar pada soal memiliki pola tertentu sehingga untuk mengisinya,anda perlu mengetahui pola dari urutan gambar tersebut.

Subtes 2 – Classification (4 menit)
Pada setiap soal, anda akan menemukan 5 buah gambar yang disusun secara berdampingan. Telitilah gambar-gambar tersebut. Tugas anda adalah menemukan tepat DUA gambar yang memiliki karakteristik yang serupa. TIGA gambar lainnya berfungsi sebagai pengecoh anda, sehingga berhati-hatilah dalam menentukan pilihan.

Subtes 3 – Matrices (3 menit)
Di bagian sebelah kiri, anda akan menemukan sebuah kotak besar, yang didalamnyaterdapat kotak-kotak kecil bergambar. Anggaplah ini adalah gambar sebuah sapu tangan, di mana kotak-kotak tersebut memiliki pola tertentu. Perhatikan bahwa bagian sebelah kanan bawah masih kosong. Tugas anda adalah melengkapi bagian kosong tersebut dengan salah satu dari 5 pilihan jawaban di sebelah kanan.

Subtes 4 – Condition (2,5 menit)
Pilihlah satu dari kelima jawaban yang mencerminkan kondisi yang sama dengan gambar contoh di sebelah kiri.


TES MINAT

Holland
Kelebihan:
  1. Arahnya sudah jelas
  2. Dapat mengetahui karakteristik
Kekurangan:
  1. Kurang meninjauh 6 tipe kepribadian & tidak menunjukkan fase tertentu
  2. Testee menjawab faking
  3. Kemungkinan terdapat bias
  4. Terdapat batasan usia

RMIB
Kelebihan:
Lebih mudah dikerjakan oleh subyek
Score dapat disusun dengan lebih cepat
Lebih cocok diberikan kepada orang dewasa
Hasil keseluruhan menunjukkan pola interest subjek
Dapat diberikan secara klasikal/individual

ADMINISTRASI TES RMIB
Instruksi :
1)     Pertama-tama katakan kepada mereka : “Bila saudara sudah menerima formulir, tulislah lama, dan keteramngan-keterangan lain mengenai diri sudara di kolom yang sudah disediakan di sebelah atas dalam formulir”. 
2)  Sesudah beberapa saat, di lanjutkan : “Kemudian bacalah instruksi yang terdapat dalam formulir tersebut” BUnyi instruksi secara tepatnya adalah sebagai berikut” di bawah ini akan sodara temui daftar dari bermacam-macam pekerjaan yang tersusun dalam nenerapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 12 macam pekerjaan. Setiap pekerjaan merukan keahlian khusus yang membutuhkan latihan atau pendidikan keahlian tersendiri. Mungkin hanya beberapa di antaranya yang sodara sukai. akan tetapi disini sodara diminta untuk memilih pekerjaan mana yang ingin sodara lakukan atau paling sodara sukai, terlepas dari besar kecilnya upah atau gaji yang akan sodara terima atau apakah sodara akan berhasil dalam mengerjakannya
3)   Di beri waktu lagi untuk beberapa saat, dan…..: “Ada pertanyaan?” Untuk responden dengan intelejensi yag rendah dapat diberikan beberapa ilustrasi sebagai berikut :“ Seandainya saudara mempunyai suatu daftar beberapa buah-buahan misalkan jeruk, nanas, dan rambutan. dan kemudian saya tanyakan kepada soudara buah mana yang paling anda sukai. apabial sodara paling suka buah mangga maka sodara tulis no atau angka 1 di belakang mangga, dan kemudian lebih suka nanas dari pada 2 yang lainnya, maka angka sodara tulis angka 2 di belakang nanas. demikian seterusnya sehingga di belakang setiap nama buah terdapat angka yang menunjukan urutan dari buah-buah kesukaan sodara.
4)  Apabila tidak terdapat pertanyan maka instruksi data di teruskan: “sekarang kerjakan, dan lengkapilah formulir itu sesuai dengan instruksi tadi. mengenai beberpaa pekerjaan yang belum atau kurang saudara kenal dapat anda baca keterangannya dibagian akhir formulir ini.
5)    Apabila saudara membuat kesalahan coretlah nomor yang salah tersebut dan tulislah angka ynag benar di samping angka yang salah. Saudara selesai mengerjakannya dapat mengembalikan formulir tersebut.
6)  Kemudian sesudah responden selesai mengisi atau membuat rengking kepada mereka di instruksikan untuk menulis 3 jenis pekerjaan yang di sukainya, tidak tergantung pada jenis pekerjaan yang terdapat di dalam daftar. boleh menulis pekerjaan yang terdapat dalam daftar boleh juga tidak. Waktu pengambilan tes tidak terbatas akan tetapi biasanya seorang dewasa dapat mengerjakannya 20 menit.

TEST PERSONALITY
PAPI
NEO-PI-R
DISC
EPPS
MBTI
KRAEPLIN
PAULI

Administrasi Tes Kraeplin
Peralatan :
  1. Lembar tes Kraeplin
  2. Pensil Penggaris
  3. Stopwatch
Instruksi :
  1. Anda akan menemukan deretan bilangan dan terbagi dalam lajur-lajur. Tugas anda adalah menjumlahkan antara SATU bilangan dengan SATU bilangan lain yangtepat berada di atasnya.
  2. Mulailah dari bilangan paling bawah, dan dari lajur paling sebelah kiri.
  3. Setiap saya katakan PINDAH, maka anda harus menghentikan kerja anda di satu lajur. Segera pindahlah ke lajur di sebelah kanannya.
  4. Dan begitu seterusnya sampai saya katakan selesai.
  5. Katakan pada peserta untuk MENCORET jawaban bila melakukan kesalahan. Hindari menghapus jawaban karena memakan waktu.
  6. Jangan lupa : BERI CONTOH DI PAPAN TULIS
  7. Selalu kerjakan sebanyak 41 lajur. Lajur terakhir adalah cadangan seandainya terdapat parit.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Book Review - Why attachment is really important in shaping our lives, especially for our future relationship?

  "Attachment begins in the first relationship of life, the relationship of with the mother. This relationship begins early, even before birth. It can be heavily influenced by the circumstances of birth, including the parents' readiness and desire for the baby, the mothers' mental and emotional state around birth, and birth procedures... Even the levels of mothers' hormones have been found to have an effect, with higher levels of oxytocin supporting more attachment behaviors by mothers..." Continuing my previous review of this book, in this part I will be focused only on the chapter about Attachment with our mother. To be honest, this section is one of my favorite parts of the book with the title The Emotionally Absent Mother. Why? Because attachment has a significant impact on our brain development, mental health, and future relationships. Even research indicates that attachment is created not just from meeting the immediate physical needs of the infant but also

Book Review - The Emotionally Absent Mother

"Few experiences in life are as deep as the feelings we carry about our mothers. The roots of some of these feelings are lost in the dark recesses of preverbal experience. The branches go every which way, some holding glorious, sun-drenched moments, while others are broken off, leaving sharp and jagged edges that we get caught on. Mother is not a simple subject..." Disclaimer: As with any exercise provided by this book, this may bring up uncomfortable feelings, so you will want to pace yourself. If you find yourself feeling overwhelmed, you might let it go for now and come back to read this book again when you are ready. It's 10 PM o'clock here when I write down these few paragraphs. No, this is not only about time but also a matter of decision, because this book is my bibliotherapy. So I involve my logic and also my feelings regarding the contents of this book. I will explain to you not only based on the information that I received from this book but also how this bo

Sepekan Kemarin

Beberapa pekan lalu, kita agaknya terbungkus dalam perasaan yang menggembirakan, ada hal penting yang menakjubkan, sebab kita sedang mempersiapkan pertemuan. Sebagian datang dengan banyak harapan, sebagian yang lain menantikan perjumpaan. Tidak berlebihan rasanya, kalau perjumpaan sore itu, 18 Juni 2023, adalah kenangan yang begitu manis dan tak terlupakan. Jika bukan karena PK ini, rasanya tak akan kita dengar cerita-cerita hebat dari gugusan Pulau-Pulau di Indonesia. Jika bukan karena PK ini, rasanya tak akan pernah ada perkenalan yang akhirnya menyisakan memori dan kenangan. Kita datang tak hanya dengan berbekal pakaian dan catatan kecil pelengkap kegiatan, tetapi juga keberanian dan mimpi-mimpi besar yang kemudian saling kita bagikan. Terima kasih sudah menjadi kawan yang menyenangkan selama sepekan kemarin. Ingatlah selalu memori saat kita duduk berhadapan dan tanpa sungkan membangun topik pembicaraan :) Dulu sekali, bahkan sedetik pun tak pernah ada dalam bayangan bisa bersua den